NOMOS Tangente Sport Datum 2013

NOMOS Tangente Sport Datum 2013



Review ini nampaknya jadi review yang sulit sekali ditulis karena jam yg direview amat sangat simple, ane sampe ga tau mau bahas apanya dulu. Yang pasti jam ini sangat ringan, simple, dan terkesan sangat sederhana dengan sentuhan kental design Bauhaus.
Penampakannya seperti ini, warna dialnya terlihat putih, bentuk lug-nya cukup unik karena tipis dan bengkok (tipikal nomos). Ada sub dial diposisi atas jam 6 dan tanggal tepat di jam enam. Dibagian bawah window date terdapat tulisan GERMANY (sebagian NOMOS masih terdapat tulisan Made in Germany). Dibawah angka 12 terdapat tulisan NOMOS dan dibawahnya ada tulisan GLASHUTTE (untuk yang menggunakan movement ETA/Peseux tulisannya adalah GLASHUTTE/SA)

Tangente adalah model utama dari NOMOS bahkan pada awalnya NOMOS selalu diidentikan dengan Tangente dan Tangente adalah NOMOS. Tapi seiring berjalannya waktu model NOMOS menjadi semakin banyak dan sampe saat ini model Zurich-lah yang paling sering dibicarakan orang. Tangente Sport Datum dapat dibedakan dengan Tangente original dengan adanya luminova di hour dan minute hands serta WR yang ditingkatkan dari 3atm menjadi 10 atm. Jadi jam ini memang didesign dengan tujuan pemakaian yang lebih aktif dibandingan Tangente original. Selain itu jam casing dan bezel-nya juga lebih tebal dari pada model original-nya.
Dial jam ini sebenarnya berwarna abu2 dengan motif metallic yang ditabur merata. Dengan absenya AR coating pada pancahayaan tertentu terlihat seperti putih. Semua model Tangente menggunakan painted hour marker kombinasi antara Arabic numeral dan stick shape. Di bagian sub dial untuk second hand terdapat guilloche dengan bentuk lingkaran, tapi meskipun demikian guilloch ini menambah kemewahan dan sama sekali tidak merusak cirikhas simplisitas Nomos.


Crown, lug dan casing dari tangente sport juga terlihat simple dan sederhana. Crown-nya sangat mudah diputar karena sangat ergonomis. Bisa dibilang totally effortless to wind the watch. Crown pada semua tipe Nomos dengan caliber manual wind hanya dapat ditarik 1 kali (tidak seperti kebanyakan jam yg bisa ditarik 2 kali). Pada bagian lug-nya terdapat lughole yang bisa memudahkan kita untuk mengganti strap. Case-nya terdiri dari 2 bagian.

Perbedaan yang cukup signifikan adalah pada saat kita hendak mengubah tanggal. Crown harus diputar balik dari posisi jam 12.30 menuju jam 20.30 dan dikembalikan ke posisi 12.30. Pada saat dikembalikan ke posisi 12.30 tanggal akan berubah. Contohnya seperti ini: http://www.keepthetime.com/blog/move...angomat-watch/
Back case menggunakan system baut (6 buah baut disekeliling back case) dan terdapat tulisan yang mengindikasikan model jam, WR rating, dan serial number. Tipe tangente sport juga ada yang menggunakan transparent case back (tapi lebih mahal 200 euro )


Movementnya menggunakan Nomos in house caliber Beta. Semua tipe inhouse movement dari nomos diberikan nama berdasarkan alphabet Yunani. Base calibernya adalah Alpha (3 handed manual wind). Beta adalah Alpha plus date, Gamma adalah Alpha plus power reserve, dan Delta adalah Alpha plus date plus power reserve. Selain itu masih ada caliber lainnya seperti Zeta, Epsilon, Xi dan Sonnenuhr. Yang paling menarik adalah Sonnenuhr tapi ga ane bahas disini karena tidak related sama jam yg direview


Semua jam Nomos menggunakan Shell Cordovan leather strap. Shell Cordovan adalah handmade strap yang terbuat dari kulit kuda. Ane sendiri belom tau banyak tentang jenis strap ini tapi yang pasti nyaman sekali dan langsung dapat mengikuti bentuk lekukan pergelangan tangan.


Bucklenya juga terlihat simple dengan bentuk yang sederhana.


Technical Spec:

Movement: manually wound movement and date indicator, power reserve 42 hours

Case: stainless steel, diameter 36.5 mm, height 7.5 mm

Water resistant: 10 atm

Dial: silver-gray; hour indexes with superluminova (glow in the dark)

Hands: steel, tempered-blue (skeleton hands with superluminova inlay)

Popular posts from this blog

Casio G-SHOCK VIBRATOR GD-350-8JF

G-Shock Watch Mens Analog Digital Black Resin Strap GA110GB-1A Review

Casio G-Shock Mudman G-9300 review