Jaeger LeCoultre Master Ultra Thin 38

Jaeger LeCoultre Master Ultra Thin 38

 

TRY A LITTLE SLENDERNESS


Aturan mengenai pembuatan jam tangan yg baik dahulu kala sangat simple: jam harus dibuat setipis mungkin. Jam dengan movement super tipis saat itu biasa dianggap sebagai jam dengan kualitas superior. Perlu diketahui bahwa dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat movement ultra thin (< 2 mm) yang bisa masuk ke dalam casing super tipis tanpa mengorbankan reliability jam itu sendiri.

Dimulai dengan popularitas dari Panerai di awal th 2000, trend dari jam tangan mulai berubah. Jam dengan dimensi besar dan tebal mulai merajai pasaran. Saat ini kalau kita melihat orang memakai jam tipis dengan model simple tanpa jarum detik, kemungkinan besar kita akan menganggap itu sebagai jam quartz biasa. Walaupun saya juga menyukai jam2 diver yg tebal dan tangguh, tapi ada kekaguman tersendiri terhadap ultra thin watch spt ini.. Bayangkan saja bagaimana casing dengan dimensi seperti ini tetap dapat memuat movement mechanical dengan begitu banyak bagian seperti balance spring, barrel, gear train, etc.

Jaeger LeCoultre merupakan salah satu manufacture Swiss dengan spesialisasi pada movement super tipis. Pada th 1903 mrk memperkenalkan cal 145 pocket watch movement dengan ketebalan hanya 1.38 mm yg merupakan rekor mechanical movement paling tipis sampai saat ini. Selain itu JLC sendiri pernah memproduksi ultra thin movement untuk Audemars Piguet dan Vacheron Constantin yaitu AP 2003/VC 1003 dengan ketebalan hanya 1.65 mm dan juga merupakan mechanical movement jam tangan paling tipis sampai saat ini (movement ini sendiri merupakan pengembangan dari Louis Elysse Piguet cal ML dan sudah discontinue sejak th 2003 krn biaya pembuatan nya yg tinggi).


CASE
Diameter: 38 mm
Height: 6.31 mm
Water Resistance: 50 M

Diameter 38mm buat saya sangat pas untuk ukuran dress watch.. Dengan ketebalan hanya 6.31 mm jam ini terasa sangat nyaman dipakai.. Case dibuat menipis di bagian pinggir sehingga dari samping jam ini terlihat malah lebih tipis lagi.. Finishing high polish pada casing menurut saya sangat baik..
 
DIAL
Finishing frosted pada dial kalo gak salah banyak juga dipake untuk Grand Seiko, begitu juga dengan dauphine style hands dengan finishing kombinasi frosted dan high polish yg memudahkan kita melihat jam pada kondisi cahaya tertentu. Hands applied markers menggunakan Arabic numeral di posisi 12,3,6,9 dan triple faceted markers di posisi lain nya serta dot untuk minute markers.


MOVEMENT
Manual winding JLC cal 849 assembled and decorated by hands
Parts: 123
Balance: Glucydur
Balance Spring: Flat hairspring
Shock Protection: Kif
Vibration per hour: 21,600
Power Reserve: 35 hours
Jewels: 19
Height: 1.85 mm
Diameter: 20.80 mm

Finishing dan dekorasi pada cal 849 juga sangat bagus (Geneva stripes, chamfered edges, blued screws, etc), walaupun masih di bawah “Geneva Seal” quality spt yg bisa ditemukan pada jam2 spt PP, AP, VC, dan Lange.. Dari yg saya baca, karena proses pembuatan nya yang sulit cal 849 ini merupakan satu2 nya basic movement JLC yg diproduksi di Watchmaking Specialty Workshop JLC yg umumnya hanya memproduksi highly complicated movement spt minute repeater, tourbillion, etc..

Satu kekurangan disini mungkin power reserve yg hanya 35 jam, yg merupakan konsekuensi dari ultra thin caliber pada umumnya.. Selain itu pada caliber ini tidak terdapat ceramic ball bearing dan variable inertia balance (berguna untuk meningkatkan akurasi) yg bisa ditemukan pada movement JLC lainnya.. Walaupun demikian, mengingat semua movement JLC di test dengan standard Master Control 100 Hours Test, saya cukup yakin akan akurasi dan daya tahan dari cal 849 ini..

JLC Master Control 1000 Hours Test
- Test is carried out only when the watch is fully assembled, including casing, hands and dial, not just the movement for 1000 hours (COSC does movement only for 360 hours).
- Accuracy must be within the range of -1 to +6 seconds per day (COSC -4/+6 for Gents and -5/+8s for Ladies).
- Power reserve test is done under intense activity and when in low activity simulation (COSC not tested).
- Functions and aesthetic inspections and test (COSC not tested).
- Knocking test for the balance (COSC not tested).
- Accuracy under normal and fully wound is tested in 6 positions and in cyclos (COSC 5 positions under normal condition only).
- Water resistance test at least 5 ATM (COSC not tested).
- Shock Resistance test with 20,000 small simulated shocks (COSC not tested).
- Resistance to thermal variation between 4 degrees to 40 degrees centigrade (COSC 8 to 38 degrees centigrade).

sumber : kaskus

Popular posts from this blog

Casio G-SHOCK VIBRATOR GD-350-8JF

G-Shock Watch Mens Analog Digital Black Resin Strap GA110GB-1A Review

Casio G-Shock Mudman G-9300 review