Casio Gshock G-Rescue G7900.review

Casio Gshock G-Rescue G7900.review
Spesifikasi

  • Shock Resistant
  • 200M Water Resistant
  • Low Temperature Resistant LCD (-20 C / -4 F)
  • Auto EL Backlight with Afterglow
  • Flash Alert (flashes with buzzer that sounds for alarms, hourly time signal, countdown timer time-up alarm, countdown timer progress beeper and stopwatch auto-start)
  • Tide Graph (tide level for specific date and time)
  • Moon Data (moon age of the input data, moon phase graph)
  • World Time
  • 29 times zones (48 cities), city code display, daylight saving on/off
  • 4 Multi-function Alarms and 1 Snooze Alarm
  • Hourly Time Signal
  • Countdown Timer
  • Measuring unit: 1 second
  • Countdown range: 24 hours
  • Countdown start time setting range: 1 minute to 24 hours (1-minute increments and 1-hour increments)
  • Other: Auto-repeat, time-up alarm, progress beeper
  • 1/100 second stopwatch (ST1)
  • Measuring capacity: 999:59'59.99"
  • Measuring modes: Elapsed time, split time, 1st-2nd place times
  • Other: 5-second Auto-start
  • 1/100 second stopwatch (ST2)
  • Measuring capacity: 999:59'59.99"
  • Measuring modes: Elapsed time, split time, 1st-2nd place times
  • Button Operation Tone on/off
  • Auto Calendar (pre-programmed until the year 2099)
  • 12/24 Hour Formats
  • Accuracy: +/- 15 seconds per month
  • Battery: CR2025
  • Approx. battery life: 2 years
  • Module 3194
Size of case/total weight
G7900 52.4 x 50.0 x 17.7mm / 68.2g
G7900A 52.4 x 50.0 x 17.7mm / 68.2g

1. Fitur Grafik Pasang-Surut dan Fase Bulan


Fitur inilah yang menjadi daya tarik utama bagi saya. Kebetulan saya bertugas sebagai tenaga medis di wilayah kepulauan, di mana sarana transportasi utamanya adalah kapal/ perahu dan pergerakannya sangat tergantung oleh kondisi pasang surut.
Selain itu, profesi sampingan saya adalah instruktur selam. Dengan mengacu pada kondisi pasang-surut, saya dapat menentukan spot2 mana yang baik dan aman untuk menyelam pada waktu-waktu tertentu.
Grafik ini sangat membantu perkiraan kasar waktu air naik atau turun. Sebelum punya G7900, saya menggunakan Casio AQW-100 yang juga memiliki fitur ini.

2. Bodi Kokoh

Dalam melakukan aktivitas outdoor, seringkali tanpa disadari jam tangan terbentur dengan struktur2 keras, termasuk ketika melakukan penyelaman di kapal tenggelam. Kebetulan saya punya pengalaman mengikuti operasi SAR ke dalam kapal tenggelam. Ketika melakukan penetrasi ke dalam struktur kapal tenggelam, jam saya (termasuk tangannya jg) beberapa kali terbentur ke dinding ruangan kapal atau pun benda-benda keras lainnya, ketika itu saya memakai DW6500. Hal tersebut dikarenakan sempitnya ruangan untuk bermanuver.
Dengan G7900, saya rasa-rasanya tidak perlu lagi mengkhawatirkan jamnya, saya cukup mengkhawatirkan tangan saya sendiri. Bodinya yang besar dan kokoh merupakan jaminan untuk proteksi yang tinggi, bahkan menambah kesan gagah.

3. Tombol-tombol Besar

Tombol besar sangat memudahkan pengoperasian, bahkan di dalam air sekalipun. Saya sudah mencobanya dalam kegiatan penyelaman saya yang terakhir beberapa hari yang lalu. Kemudian, apabila mengenakan sarung tangan, tombol besar ini sangat mudah ditekan.
Sangat berbeda dengan tombol2 pada seri Mudman (saya juga memiliki Mudman Tough Solar G-9010) yang cenderung lebih keras ditekan; karena peruntukkanya juga berbeda. Bila melakukan penyelaman dan juga mengenakan sarung tangan, saya akan kesulitan menekan tombol bila menggunakan Mudman.

4. Display Besar

Display G7900 yang cukup besar sangat mudah dibaca dan jelas terlihat angka-angkanya di dalam air. Kondisi yang sangat kontras dibandingkan ketika saya menggunakan DW6500 Skyforce dalam penyelaman (yang sedihnya sudah almarhum).

5. Low Temperatur LCD

Memasuki lingkungan bawah air, seringkali saya berhadapan dengan temperatur rendah. Maka jelas jam ini cocok untuk kegiatan saya.
Jam ini disebutkan mampu bertahan sampai -20 derajad Celcius. Hmmm.. jamnya masih bertahan, saya yang uda lewat duluan. Untuk penyelaman suhu ekstrim dingin saya belum pernah melakukan.

Popular posts from this blog

GW-9400BJ-1JF 'Rangeman' The ABC Survival GS Review

Oakley Men's 10-193 Minute Machine Titanium Bracelet Edition Titanium Chronograph Watch

Casio G-SHOCK VIBRATOR GD-350-8JF