Seiko Prospex SBDC001 Sumo REVIEW

Seiko Prospex SBDC001 Sumo REVIEW

Specification :

- Movement : 6R15 23J Automatic
- Hack function & Hand winding
- Case: Stainless Steel
- Crystal: Hardlex
- LumiBrite: Available
- Accuracy: +25/-15 sec per day
- Waterproof: 200 m water resistance for divers
- Anti-magnetic: Available
- Power reserve: 50 hours
- Case width: 45mm (with crown 47mm)
- Case thickness: 13.5mm
- Lugs width 20mm
- Crown: Screw-down crown
Seiko SBDC001 atau yang biasa dikenal dengan nick name "BLACK SUMO", merupakan jajaran produk diver seiko yang masuk dalam line up prospex.
Release pertama kali pada tahun 2007, dan dipasarkan khusus untuk pasar domestic Jepang / JDM (Japanesse Domestic Market).

2. Case, Bezel, Dial & Crown
Seiko Sumo memiliki diameter sebesar 44mm (without crown) dengan lebar lug sebesar 20mm. Mungkin terlihat tidak proporsional antara ukuran diameter dan lug pada seiko Sumo, but this is Sumo. IMO hal tersebutlah yang menjadikan Seiko SBDC001 mendapat nickname SUMO CMIIW

Minus point saya tujukan pada dial Seiko Sumo ini, kalo kita amati dengan menggunakan lup, akan terlihat bahwa index hour pada angka 6 sedikit bergeser ke kiri (ke arah angka 7). Tim QC Seiko sepertinya tidak mengerjakan tugasnya dengan baik.

Kombinasi finishing polish & brush pada case Seiko Sumo membuatnya terlihat lebih elegan. It's cool for me.
Berbeda dari kebanyakan Seiko Diver pada umumnya, angka pada bezel Seiko Sumo berukuran besar. Sebenarnya secara pribadi, saya lebih suka design bezel yg umum dipakai pada seiko diver. terlihat lebih classic dan berkarakter. Design bezel pada Seiko Sumo lebih cenderung ke arah modern style mungkin angkanya yg besar itu juga ditujukan agar terlihat proporsional dengan diameter casenya.


Seiko Sumo memiliki ketebalan case sebesar 13,5 mm. sedikit bulky memang, but tetap terlihat proporsional dengan lug yg panjang dan diameter case yang lebar. Good point IMO.

Saya sangat suka dengan adanya Sign "S" pada crown Seiko Sumo ini. Terlihat seperti seiko diver kelas High-End, padahal MM yang harganya berkisar 3 kali lipat dari Seiko Sumo saja tidak memiliki sign pada crownnya.



3. Case back & Movement

Seperti kebanyakan Seiko Diver lainnya , design case back pada Seiko Sumo berupa logo tsunami namun dengan ukuran yang lebih kecil dan dengan tulisan made in japan.

Untuk Movement, Seiko Sumo menggunakan movement 6R15 automatic and manual winding. its cool for me.
Sumo merupakan diver Seiko pertama yang menggunakan movement ini. Feature Anti Hack system mempermudah dalam proses penyetingan waktu, hal ini juga memudahkan kita mengetahui seberapa jauh / melenceng ke akurasi-an jam perhari nya.

sejauh yang saya test secara manual, accuracy 6R15 pada Sumo saya berkisar di +5sec/day tanpa pernah di regulasi.


4. Bracelet
Bracelet Seiko Sumo memiliki ukuran 20 mm dengan double lock system,
Kualitas bracelet Sumo cukup baik. but, saya ga terlalu suka dengan braceletnya. Sumo with bracelet terlihat terlalu besar di tangan saya yg kecil. Wrist saya berkisar di 7".

So, saya coba mengubah tampilannya dengan menggunakan Nato Bond dengan maksud untuk meminimalisir besar jam di pergelangan tangan saya.
IMO Sumo tetap keren dengan dibalut Nato strap (asal warna cocok)
5. Lume

Saya puas dengan lume pada Seiko Sumo. berpendar dengan terang namun rapih. Sedikit saja terkena sinar, maka lume bercahaya.

Berjalan keluar pada siang hari, kemudian kembali kedalam gedung tempat anda bekerja. Pada saat melewati koridor/brada didalam lift, bisa dipastikan setiap orang akan melirik ke wrist anda. Try it

Sayangnya jam ini belum pernah saya coba masuk ke kedalaman laut.
6. Conclusion

Kesan pertama saya pada saat membuka box Seiko Sumo adalah cool. very nice watch IMO. Terlihat modern dan elegan.
sampai pada akhirnya harus menerima kenyataan bahwa terdapat cacat produksi pada bagian dial Seiko Sumo milik saya.

Finisihing case, movement 6R15, automatic and manual winding, sign pada crown, anti hack, serta kelebihan lainnya yang saya temukan pada jam ini mendadak luntur ketika tahu kalo dial nya "ga sempurna". Padahal ini JDM dan kategori prospex yang seharusnya proses QC nya lebih ketat.

But, Seiko Sumo selalu ada tempat di hati seiko diver lovers. Diver pertama yang menggunakan 6R15 movmnt dan satu2nya seiko diver yang mempunyai design bezel yg berbeda.

sumber : kaskus

Popular posts from this blog

GW-9400BJ-1JF 'Rangeman' The ABC Survival GS Review

Oakley Men's 10-193 Minute Machine Titanium Bracelet Edition Titanium Chronograph Watch

Citizen titanium ecozilla dengan tipe BJ8041-09E