Casio G-Shock Mudman G-9300 review

Casio G-Shock Mudman G-9300 review

 This new MUDMAN model is the first one to be equipped with a direction sensor and thermo sensor that help you keep your bearings whenever you adventure into parts unknown. The touch of a button goes directly into the Compass Mode from any other mode. A Moon Phase graph gives you an idea of whether the nighttime hours will be dark or light. A declination function even makes it possible to adjust the watch's magnetic north direction reading so it indicates true north.
All of this plus Tough Solar to keep everything working, and total shock and mud resistance to keep everything well-protected. 

 

  • Mineral Glass
  • Shock Resistant
  • Mud Resistant
  • 200-meter water resistance
  • Case / bezel material: Resin / Aluminum
  • Resin Band
  • Electro-luminescent backlight
    Full auto light switch, selectable illumination duration, afterglow
  • Solar powered
  • Digital compass
    Measures and displays direction as one of 16 points
    Measuring range: 0° to 359°
    Measuring unit: 1°
    20 seconds continuous measurement
    Graphic direction pointer
    Bidirectional calibration and northerly calibration function
    Magnetic declination correction
    Bearing memory
  • Thermometer
    Display range: -10 to 60 °C (14 to 140 °F)
    Display unit: 0.1 °C (0.2 °F)
    *Changeover between Celsius (°C) and Fahrenheit (°F)
  • Moon data (moon age of the specific date, moon phase graph)
  • World time
    31 time zones (48 cities + coordinated universal time), city code display, daylight saving on/off
  • 1/100-second stopwatch
    Measuring capacity: 999:59'59.99''
    Measuring modes: Elapsed time, split time, 1st-2nd place times
  • Countdown timer
    Measuring unit: 1 second
    Countdown range: 24 hours
    Countdown start time setting range: 1 minute to 24 hours
    (1-minute increments and 1-hour increments)
  • 5 daily alarms(with 1 snooze alarm)
  • Hourly time signal
  • Battery level indicator
  • Power Saving (display goes blank to save power when the watch is left in the dark)
  • Full auto-calendar (to year 2099)
  • 12/24-hour format
  • Button operation tone on/off
  • Regular timekeeping: Hour, minute, second, pm, month, date, day
  • Accuracy: ±15 seconds per month
  • Approx. battery operating time:
    8 months on rechargeable battery (operation period with normal use without exposure to light after charge)
    23 months on rechargeable battery (operation period when stored in total darkness with the power save function on after full charge)
  • Size of case/total weight: 53 X 50.8 X 18.2 mm/68.5 g
  • EL:Blue Green
http://goo.gl/sxi2c1

1. Display

Casio G-Shock Mudman G-9300 menggunakan tampilan positive display yang lebih besar dari beberapa jam G-Shock yang pernah saya pakai (Mudman G9000MS dan Gulfman 9100) sehingga membuat lebih jelas dilihat siang maupan saat malam hari/cahaya kurang, dan hal inilah yang menjadikan jam ini "favorit" saya gunakan dalam berbagai aktivitas, karena bagi saya Jam sebagai penunjuk waktu haruslah dapat menampilakn informasi waktu secara jelas dan mudah terlihat. Display terbagi atas 4 scene dimana bagian (1) atas menampilkan Hari, (2) bawah menampikan tanggal dan bulan serta waktu yang berjalan serta informasi baterai, (3) Lingkaran besar menampilkan detik dan sebagai penunjuk arah/visir saat kompas di aktifkan (4) Lingkaran Kecil menampilkan fase bulan.

2. Konstruksi Body dan Desain

Kesan gagah menjadi felling pertama saat jam ini saya kenakan di pergelangan saya karena dial-nya yang cukup besar dari 3 jam casio lain yang saya miliki. Hal tersebut juga didukung dengan bentuk desain yang bulat dan case yang tebal. Jam ini juga di desain dengan 5 tombol, sebelah kiri tombol ADJUST dan MODE dan di sebelah kanan tombol LIGHT, COMP, dan SEARCH. Tombol cukup lembut dan nyaman saat ditekan berbeda dari tombol Mudman G9000 yang saya miliki sebelumnya. Ada hal lain yang menurut saya menjadi kelebihan dari segi bahan case dan strap jam ini yaitu tidak mudah ditempeli debu di sudut-sudut kecilnya, padahal setiap hari saya gunakan saat berkendara sepeda motor dan hingga saat ini (sekitar 2 bulan) saya gunakan tidak pernah secara khusus membersiha debu, berbeda waktu saya menggunakan Gulfman G9100 dimana hampir tiap minggu saya bersihkan dengan menggunakan sikat gigi dan sabun non detergen untuk membersihkan jam.

3. Strap

Strap salah satu poin penting bagi saya, dari segi bahan strap terasa lebih tipis dari Mudman G9000 dan lebih agak "plastik", lalu dari segi selanjutnya yaitu segi kenyamanan di tangan sebenarnya cukup nyaman namun entah mengapa saya merasa lebih comfort waktu menggunakan Gulfman 9100, mungkin karena strap jam ini kurang nyaman digunakan saat basah/terkena air, disisi view strap jam ini lebih "keren" karena dibagian dalamnya tercetak emboss tulisan: G-Shock Protection & Shock Resist. Sebagai pengunci, jam ini menggunakan pin 1 lubang, cukup mengherankan mengapa Casio tidak menggunakan double hole/ pin 2 lubang seperti yang digunakan pada G-Shock Mudman sebelumnya, bahkan Gulfman terbaru menggunakan double hole/ pin 2 lubung. Overall, jam ini termasuk nyaman ditangan saya.

4. Fungsi Khusus

Casio memasangkan Kompas dan Termometer di Jam ini. Kompas 4 arah ini sangat membantu dan mendukung dalam aktivitas di alam terbuka untuk menentukan arah, berikut juga thermometer cukup membantu dalam mengukur suhu. Namun saya masih belum mengetahui keakuratan dari fungsi-fungsi tersebut karena membutuhkan alat pembanding lain. Kedua fungsi tersebut dapat dengan mudah diakses melalui tombol COMP yang terletak di antara Tombol LIGHT & SEARCH, dan dibutuhkan waktu sekitar 3 detik untuk kalibrasi arah dan suhu. Setiap 20 detik harus dikalibarasi ulang (menekan tombol COMP) agar tampilan Arah dan Suhu kembali di display. Semua fitur boros energi tersebut tidak menjadi masalah dalam persediaan daya, karena jam ini dilengkapi fitur Tough Solar dimana baterai akan ter-charge sendiri mengunakan sinar matahari.

Jam yang nyaman dan fungsional digunakan baik dalam situasi formal maupun informal (outdoor) dan dapat saya katakan "free maintenance" karena tidak perlu khawatir harus mengganti baterai untuk jangka waktu yang lama, walaupun dari segi kenyamanan strap masih ada yang kurang menurut saya.

Popular posts from this blog

GW-9400BJ-1JF 'Rangeman' The ABC Survival GS Review

Oakley Men's 10-193 Minute Machine Titanium Bracelet Edition Titanium Chronograph Watch

Citizen titanium ecozilla dengan tipe BJ8041-09E