Seiko SKX011J Orange diver

 Seiko SKX011J Orange diver



SPESIFIKASI

- Ref. : SKX011J
- Movement: Automatic
- Calibre: 7S26
- Jumlah batu: 21 jewels
- Diameter: 41mm (tanpa crown)
- Feature: Day & Date (quick set)
- Glass: Hardlex crystal
- Crown: Screw down
- Orig. strap: Rubber tipe Z22
- Spring bars: Fat type
- Lug width: 22mm

DIAL, HANDS, BEZEL & GLASS

Naaah… ini dia yang bikin saya surprise! Desain dan kombinasi warnanya semakin dilihat semakin mempesona. Jauh melebihi ekspektasi saya sewaktu lihat fotonya di online store. Kombinasi antara warna dominan orange, number mark putih berbingkai matte black, minute line di rehoute matte black, bezel insert matte black dengan tulisan dan garis matte gold, second hand matte black dengan ujung belakang bunderan putih berbingkai matte black dan…… minute & hour hands shinny gold dengan bagian tengah berwarna putih!
Ring bezel-nya bergerigi (lah iya lah, kalo rata dan halus bakalan susah buat muternya). Sistem ring bezelnya berputar satu arah berlawanan arah putaran jarum jam (istilahnya unidirectional counter clock wise – bener gak seh?). Jumlah putarannya 120 klik, cukup lancar tapi tidak loose dan sangat presisi dengan posisi index garis menit yang ada di rehoute. Di posisi atas angka 12, ada bentuk segitiga terbalik dengan lubang pentil di dalamnya buat nempatin bunderan putih yang glowing in the dark. Posisi pentilnya ada di dalam, tidak menonjol seperti bentuk pentil arloji diver lainnya (Lah kalo gak menonjol kok disebut pentil? Abisnya mau disebut udel, kok posisinya ada di atas!). Walaupun bergerigi, tapi polish ring bezelnya masih cukup kinclong.

Kaca yang dipasang cukup jernih, tapi belum saya test scratch resistance-nya. Pada sisi luar sekeliling lingkarannya ada bevel-nya , kayak got gitu deh. Kejernihan kacanya sangat baik sehingga memudahkan untuk melihat waktu dari segala sudut kemiringan (kan emang fungsi dasar arloji sebagai penunjuk waktu, kalau penunjuk jalan itu rambu-rambu namanya).

Tulisan lainnya yang walaupun bukan terletak langsung di dial, tetapi menjadi bagian dari dial itu sendiri adalah tulisan pada feature Day & Date. Untuk feature ini, layaknya arloji era modern, sudah menganut faham (kayak ideologi aja) quick set. Yaitu dengan cara menarik crown ke posisi 1 (setengah tarikan), putar searah jarum jam untuk seting tanggal dan putar berlawanan arah jarum jam untuk seting hari. Penunjuk harinya menggunakan dua bahasa, yaitu Inggris dan Arab. Mungkin sejatinya arloji ini ditujukan untuk pasardi wilayah Timur Tengah (waaah… lume-nya bisa nyala terang banget tuh!). Bayangkan…. arloji diver dipake di gurun pasir… hehehe…

Oh iya, karena saking kecilnya jadi hampir terlupakan. Di bagian bawah, di bawah posisi angka 7 sampai angak 5 ada dua segmen tulisan. Segmen kiri antara bagian tengah bawah bunderan angka 7 sampai angka di ujung kiri bawah ovalan (kan bentuknya oval) angka 6 ada tulisan “MADE IN JAPAN” yang menandakan kalo Bli MADE lagi ada di Jepang. Sedangkan di segmen kanan antara ujung kanan bawah ovalan angka 6 sampai mendekati bawah bunderan angak 5 ada tulisan “7S26 – 002L R 2” (nah untuk yang ini, selain kode jenis calibre, saya gak mahfum mangsudnya apaan).

STRAP

Pilihan yang tersedia di toko saat itu untuk tipe ini ada bermacam-macam, dengan rubber strap, dengan oyster bracelet, dengan jubilee bracelet dan dengan president bracelet. Saya memilih yang rubber strap karena untuk saudaranya saya pilih president bracelet dan ada rencana ke depan mau ngajak pulang saudara kembarnya yang lain, SKX007J dengan jubilee bracelet. Amiin! Sengaja tidak memilih yang oyster bracelet karena saudara tuanya (Atlas) sudah pake oyster.

Ternyata setelah saya coba, rubber stap tipe Z22 ini kurang nyaman di tangan saya. Secara tampilan kalau dipakai pun kurang pas alias kedodoran. Buntutnya masih terlihat panjang sekali, hampir menjangkau ujung lug yang satunya lagi. Harap maklum, gan… pergelangan tangan saya termasuk mini. Ukuran lingkarnya cuma 15cm. Pergelangan kecil, tapi lagaknya pengen make jam yang diameter besar (sok gaya banget dah). Jadi sementara ini strapnya saya ganti yang after market dengan aksen stiching orange biar matching dengan warna dialnya

CROWN

Posisi peletakkan crown berada pada angka 4 sehingga sangat nyaman saat dikenakan (tidak menekan punggung tangan). Ukurannya cukup besar dan panjang sehingga sangat mudah untuk pengoperasiannya. Sistem pengunciannya adalah screw down dengan cara sedikit memberi tekanan horizontal lalu putar searah jarum jam. Pengaturan hari dan tanggal secara manual dilakukan melalui crown ini juga. Sayangnya ujung crown yang digunakan hanya polos saja, tanpa ada signature huruf “S” seperti yang ada di beberapa tipe Seiko yang lain. Kalau saja diujungnya ada signature, apalagi model hurufnya timbul, tentunya akan menjadikan arloji ini tampak lebih jelita!

LUME

Kata orang SEIKO Monster lume-nya paling yahud, tapi sayangnya saya gak punya Monster untuk digunakan sebagai pembanding. Jadi kesan lume arloji ini hanya menurut saya saja. Lume-nya cukup bagus dan terang. Sebentar saja terpapar matahari dan dibawa ke ruangan yang agak redup, langsung terlihat lume-nya “menyala”. Untuk daya tahan “nyala” lume-nya, saya belum pernah mengukurnya. Gak telaten nungguinnya, keburu ketiduran…

KESIMPULAN

Secara keseluruhan, saya sangat puas sekali dengan design, komposisi dan feature arloji SKX011J ini. Perbandingan antara: craftsmanship, design, feature dan harganya sangat seimbang. Bahkan bisa dikatakan value for money dah. Apalagi untuk SKX011 ini saya belum pernah menemukan yang versi “K”-nya. Konon khabarnya kalau digit ke-7-nya “J” menandakan arloji ini masih dibuat di Jepun (makanya di-dialnya ada tulisan “made in Japan”) dan untuk yang “K” merupakan produksi pabrikan non Jepun. Kalaupun ada yang masih berasa kurang pas (menurut selera saya loh), yaitu pilihan penggunaan calibre movement-nya yang rasanya masih kurang istimewa. Tapi kalau dipasangkan movement yang “kasta”-nya lebih tinggi, konsekuensinya pada harga dan mungkin juga akan saling meng-kanibal dengan tipe diver yang lainnya.

Popular posts from this blog

Casio G-SHOCK VIBRATOR GD-350-8JF

G-Shock Watch Mens Analog Digital Black Resin Strap GA110GB-1A Review

Casio G-Shock Mudman G-9300 review